Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kepuasan Pasien Di RSUD Labuang Baji Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i4.931Keywords:
komunikasi terapeutik, kepuasan pasienAbstract
Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi interpersonal yang dilakukan antara perawat dan petugas kesehatan lainnya dengan pasien yang berfokus pada kesembuhan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di RSUD Labuang Baji Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dimana cara pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan tingkat signifikan (a = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dengan hasil uji chi-square diperoleh nilai p = 0,001 < a = 0,05 dengan komunikasi perawat baik, tingkat kepuasan mencapai 83,9% yang merasa puas dibandingkan yang kurang puas 64,7%, sedangkan yang mengatakan komunikasi perawat kurang baik dengan tingkat kepuasan kurang yakni16,1% dibandingkan yang mengatakan puas hanya 35,3%. diperoleh p= 0,001 < a = 0,05, artinya H0 ditolak dan Ha diterima.