Analisis Hubungan Pembelajaran Daring Selama Pandemi dengan Tingkat Stres Mahasiswa D III Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i5.953Keywords:
Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Tingkat StresAbstract
Pada Akhir tahun 2019 dunia terserang virus yang melanda hingga seluruh dunia yang dikenal dengan Covid-19. Dengan seiring terjadinya peningkatan covid-19 menyebabkan terjadinya pembatasan aktivitas salah satunya penutupan instansi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai Hubungan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Dengan Tingkat Stres Mahasiswa DIII keperawatan di STIKES Nani Hasanuddin Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif survei dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian ini didapatkan adanya hubungan pembelajaran daring dengan responden, hubungan tingkat stres dengan responden serta adanya analisis hubungan pembelajaran daring dengan tingkat stres mahasiswa DIII keperawatan di STIKES Nani Hasanuddin Makassar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan pembelajaran daring selama pandemi dengan tingkat stres mahasiswa DIII keperawatan di STIKES Nani Hasanuddin Makassar dengan hasil yang cukup signifikan, dimana pembelajaran daring yang dilakukan akibat terjadinya pandemi pemicu peningatan stres pada mahasiswa.