Strategi Meningkatkan Perilaku Caring Perawat dalam Mutu Pelayanan Keperawatan

Authors

  • Shity Alda Rahman STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Erna Kadrianti STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Adriani Kadir STIKES Nani Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i5.958

Keywords:

Mutu Pelayanan, Perilaku Caring Perawat

Abstract

Caring merupakan posisi sentral di praktik keperawatan, karena caring mempunyai pendekatan yang dinamis, perawat bekerja untuk meningkatkan kepeduliannya pada klien. Tujuan penelitian ini diketahuinya strategi meningkatkan perilaku caring perawat dan perilaku caring perawat dalam mutu pelayanan keperawatan di Ruang Rawat Inap RS Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Informan dalam penilitian ini adalah Kepala Ruangan yang masih aktif di Rs Dr. Tadjuddin Chalid Makassar sebagai informan kunci. Penentuan informan dalam penilitian dengan menggunakan metode purposive. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dilakukan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Mereka mengetahui apa itu caring (2)  Caring sangat penting  (3) Belum pernah mengukur perilaku caring( 4) Manajemen belum memberikan tindakan untuk peningkatan perilaku caring (5) Perilaku caring dititik beratkan pada saat menerima pasien.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Rahman, S. A., Kadrianti , E. ., & Kadir , A. . (2024). Strategi Meningkatkan Perilaku Caring Perawat dalam Mutu Pelayanan Keperawatan . JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(5), 24-30. https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i5.958