STUDI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS MINASATENE KABUPATEN PANGKEP
Kata Kunci:
Tingkat Kepuasan Pasien, Lima Dimensi kepuasan Serv QuelAbstrak
Tingkat kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) yang dipikirkan terhadap kinerja (hasil) yang diharapkan. Penelitian ini berjudul Studi Tingkat Kapuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Minasa Te’ne Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian Di Puskesmas Minasa Te’ne Kabupaten Pangkep meliputi Ketidak puasan pasien timbul dan diukur dalam lima dimensi daya tanggap, bukti langsung, kehandalan, kepdeulian. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskritif yang bersifat observasional dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Pengambilan sampel menggunakan metode accidenttal sampling dengan mengambil data pasien yang kebetulan berkunjung di Puskesmas Minasa Te’ne Kabupaten Pangkep dengan jumlah responden 70 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase menunjukkan 61,30% kurang puas terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Minsa Te’ne Kabupten Pangkep dan berdasarkan indeks kepuasan pellangan atau pengguna jasa kesehatan sebesar 0,81 – 1,00 dengan interprestasi Sangat memuaskan hal ini menunjukkan kepuasan konsumen selaku penguna jasa di Puskesmas Kabupaten Pangkep kurang puas terhadap pelayana yang diberikan dan tidak ada hubungan dari kelima dimensi kepuasan servequle . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan Di Puksemas Minasa Te’ne masih belum memuaskan dikarenakan sarana dan prasana yang kurang mendukung sebab kenyamanan pasien didukung dari segi fasilitas kelengkapan obat-obatan serta kurangnya tenaga medis yang berkompoten di bidang pelayanan kefarmasian.