Edukasi Psikososial Sebagai Upaya Meningkatan Kualitas Hidup Pada Anak Dengan Leukemia: Scoping Review
DOI:
https://doi.org/10.35892/jikd.v18i3.1557Keywords:
Children and Adolescent, Leukemia, Psychosocial EducationAbstract
Leukemia merupakan salah satu penyakit yang paling umun dialami oleh anak pada usia dibawah 15 tahun. Angka kejadian leukemia mengalami peningkatan setiap tahunnya khususnya pada sebagian negara maju. Leukemia yang dialami anak dapat menurunkan efikasi diri dan kualitas hidupnya. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis edukasi psikososial yang efektif untuk meningkatkan kualitas hidup anak dengan leukemia. Artikel ini menggunakan metode Scoping Review. Pencarian berbasis elektronik dari 4 databases (PubMed, ScienceDirect, Oxford Academic Journal, Sage journal) dengan pendekatan analisis pada jurnal yang sesuai dengan tujuan penulisan. Dari pencarian didapatkan 1.772 artikel dan terdapat 6 artikel yang di review. hasil review beberapa edukasi psikososial yang efektif dan dapat diterapkan yaitu, meningkatkan pengetahuan terkait strategi koping yang efektif (Cognitive Behavioral Intervention), edukasi sleep hygiene dan relaksasi sebelum tidur, motivasi dan konseling, serta terapi permainan kognitif. Kesimpulan: Intervensi edukasi psikososial tersebut dapat diterapkan pada anak dengan leukemia baik di klinik maupun di lingkungan komunitas.