Learning Card Development To Improve Teamwork And Student Knowledge
DOI:
https://doi.org/10.35892/jikd.v18i4.1801Keywords:
kartu laerning, Tim, PengetahuanAbstract
Pendahuluan Penggunaan Learning Card bertujuan untuk mempermudah mahasiswa memberikan asosiasi terhadap konsep dan materi sehingga gambar yang didapatkan mahasiswa dalam memunculkan ide-ide yang kreatif. Learning card tentang bergambar diharapkan mampu meningkatkan kemampuan spasial dan visual mahasiswa. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test dan post-test Control Group Design, dengan jumlah responden 60 menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan alat learning card, kuesioner pengetahuan dan lembar observasi kerja sama tim. Hasil uji berpasangan kerja sama tim eksperimen pre-test dan post-test mempunyai perbedaan yang signifikan nilai p= 0.000 < 0,05 dan kerja sama tim control pre-test dan post-test tidak ada perbedaan yang signifikan nilai p= 0.140 > 0.05. Pengetahuan eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan nilai p= 0,000 < 0.05, dan pada pengetahuan control tidak ada perbedaan yang signifikan nilai p=0,117 > 0,05. Hasil uji perbandingan kerja sama tim eksperimen dengan control memiliki perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil nilai p= 0.000 < 0,05, dan pengetahuan eksperimen dan control adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai hasil p=0.000 < 0,05. Kesimpulan Pengembangan learning card untuk meningkatkan kerja sama tim dan pengetahuan mahasiswa keperawatan STIKes Maluku Husada lebih baik dari pada yang tidak menggunakan learning card.