Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Pra Sekolah Di PAUD Matahari Kab. Pangkep Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.35892/jikd.v19i3.2122Kata Kunci:
Emosional, Kecerdasan, Pola Asuh IbuAbstrak
Perkembangan fisik dan mental anak pra sekolah sangat berkembang pesat sehingga berpengaruh pada emosionalnya, hal ini tidak lepas dari pengasuhan yang diterapkan ibu dalam mengasuh dan mendidik anak. Kecerdasan emosional berperan penting dalam kehidupan seseorang karena dengan kecerdasan emosional seseorang mampu memahami, mengelola perasaan diri serta menghadapi berbagai tantangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu dengan kecerdasan emosional anak usia pra sekolah di PAUD Matahari Kab. Pangkep tahun 2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional, pengambilan sampel menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampel 58 responden. Hubungan antara variabel diuji menggunakan uji Chi-Square dengan nilai signifikan (a = 0.05). Hasil penelitian menunjukkan dari 58 responden ibu yang menerapkan pola asuh demokratis dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi sebesar 34 responden (82,9%) hasıl analisis menggunakan uji statistic Chi-Square menunjukkan nilai p-value 0.007< 0.05 sehingga terdapat hubungan antara pola asuh dengan kecerdasan emosional anak usia pra sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan pola asuh ibu dengan kecerdasan emosional anak usia pra sekolah di PAUD Matahari Kab. Pangkep.