LITERATURE REVIEW : FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PSIKOLOGI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i3.575Keywords:
Covid-19, Psikologi, Stres, CemasAbstract
Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular baru yang disebabkan oleh strain baru sindrom pernapasan akut parah virus corona,SARS-CoV-2. Data ini merupakan data sekunder yang dikumpulkan melalui laporan resmi dari berbagai stakeholder, Satuan tugas penanganan Covid-19 dan kawalcovid dengan jumlah kasus positif sebanyak 461.360 jiwa (50,50%) dan kasus kematian 14.703 jiwa (56,30%). Pada periode maret 2020 sampai dengan januari 2021 kasus positif diindonesia di dominasi oleh penduduk dengan usia 19-30 tahun dengan 212.198 jiwa (22,60%).dengan laju kematian yang meningkat berdasarkan provinsi,kasus positif Covid-19 tertinggi berada di provindi DKI jakarta 266.404 jiwa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi faktor psikologi mahasiswa terhadap pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan desain systematic literature review. Artikel ini dikumpulkan melalui data base Pubmed, dan Google Schoolar dengan kata kunci (Covid-19, psikologi mahasiswa, stres pada mahasiswa, Cemas pada mahasiswa). Kriteria artikel yang di gunakan adalah yang di publikasikan pada tahun 2015-2021. Hasil tinjauan literature review menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi psikologi mahasiswa terhadap pembelajaran daring yaitu stres dan kecemasan. Kesimpulan Dari kedua faktor yaitu stres dan kecemasan yang dianggap paling mempengaruhi psikologi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dimasa pandemi covid.