Hubungan Metode Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Anak Di SD Negeri 174 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i1.723Abstract
Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan dalam jarak jauh melalaui bantuan jaringan internet dan alat penunjang lainnya seperti telepon, komputer atau leptop, setiap kegiatan pembelajaran menggunakan metode pengajaran sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar adalah gambaran keberhasilan seorang guru dalam mengajar juga gambaran keberhasilan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian diketahuinnya hubungan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar anak SDN 174 Pinrang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan cross secitional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, terdapat 37 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil analisis univariat menunjukan adanya hubungan metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar. Kesimpulan berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan diatas maka disini penggunaan metode pembelajaran daring yang digunakan pada anak SD Negeri 174 Pinrang sebagian besar adalah merasa puas dengan metode pembelajaran daring yang diberikan.