Hubungan antara Pengawasan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Anak pada Penggunaan Smartphone di Masa Pandemi Covid-19 di SD Inpres Lanraki 1
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i3.756Abstract
Prestasi belajar merupakan hasil dari sebagian factor yang mempengaruhi proses belajar secara keseluruhan dimulai dari perbuhan tingkah laku yang mencakup 3 aspek yaitu kognitif, afektif, dan motorik. Pengawasan dan bimbingan pada anak wajib dilakukan karena bertujuan untuk mengawasi dan membantu kesulitan pada anak saat belajar. Untuk mengetahui Pengawasan Orang Tua dengan Penggunaan Smartphone Pada Anak di Masa Pendemi Covid-19 di SD Inpres Lanraki 1 dan mengetahui prestasi belajar anak di SD Inpres Lanraki 1. Metode penelitian yang digunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 56 dengan sampel 48 orang dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian uji statisik menggunakan uji chi-square didapatkan nilai untuk penggunaan smartphone p = 0,037 dan prestasi belajar anak nilai value p = 0,006, karena nilai p = 0,037 < (α = 0,05) dan nilai p = 0,006 < (α = 0,05). Maka kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan pengawasan orang tua pada penggunaan smartphone dan ada hubungan pengawasan orang tua pada prestasi belajar. Saran pada penelitian ini diharapkan orang tua harus lebih memperhatikan lagi tentang pengawasan kepada anaknya.