PENGARUH KINERJA PERAWAT DAN FASILITAS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG IGD RSUD SALEWANGAN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i2.762Keywords:
Kepuasan Pasien, Kinerja Perawat, Fasilitas KesehatanAbstract
REVISHA ASHARI PUTRI, Pengaruh Kinerja Perawat Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang IGD RSUD Salewangan Maros (Di bimbing oleh yasir haskas dan sriwahyuni)
Kepuasan Pasien merupakan harapan pasien yang muncul berdasarkan tindakan tenaga kesehatan sebagai kinerja layanan kesehatan selama proses interaksi terhadap upaya pemberian pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kinerja Perawat dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang IGD RSUD Salewangan Maros. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling didapatkan 43 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji chi Square (p<0,05) untuk mengetahui apakah ada pengaruh. Hasil bivariat menunjukkan adanya pengaruh antara Kinerja Perawat dan Fasilitas Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Ruang IGD RSUD Salewangan Maros (p=0,002). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh kinerja perawat dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien di Ruang IGD RSUD Salewangan Maros.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien; Kinerja Perawat; Fasilitas Kesehatan