Faktor Yang Berhubungan Dengan Perubahan Perilaku Belajar Melalui Pendekatan Teori Behavioristik Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir (Konversi) Pasca Pandemi Covid-19 Di Stikes Nani Hasanuddin Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i5.967Keywords:
Perubahan Perilaku,, Teori BevavioristikAbstract
Perilaku belajar seorang mahasiswa sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perkuliahannya. Belajar yang efisien dapat dicapai apabila menggunakan strategi yang tepat, yakni adanya pengaturan waktu yang baik dalam mengikuti perkuliahan, belajar di rumah, berkelompok ataupun untuk mengikuti ujian. Tujuan: untuk mengetahui hubungan perubahan perilaku bejar melalui pendekatan teori behavioristik pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir (Konversi) pasca pandemi Covid-19. Metode: penelitian ini menggunakan rancangan survei kuantitatif deskriptif dengan cross sectional study, sampel dalam penelitia ini 81 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pendekatan teori behavioristik tidak efektif dengan jumlah 44 responden (54,3%) dan sebagian kecil efektif dengan jumlah 37 responden (45,7%) serta sebagian besar mempunyai perubahan perilaku belajar yang kurang dengan jumlah 32 responden (39,5%) dan sebagian kecil mempunyai perubahan perilaku belajar cukup dengan jumlah 19 responden (23,5%). Analisis Chi-square menunjukkan nilai p=0,003. Kesimpulan: terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan teori behavioristik terhadap perubahan perilaku belajar mahasiwa Keperawatan Tingkat Akhir (Konversi) di STIKES Nani Hasanuddin Makassar.