HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEIN RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD. BARRU
Kata Kunci:
Caring, kepuasan pasien, perawatAbstrak
Mutu pelayanan keperawatan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan, bahkan menjadi salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan (rumah sakit) di mata masyarakat. Salah satu indikator mutu layanan keperawatan adalah kepuasan pasien. Perilaku Caring perawat menjadi jaminan apakah layanan perawat bermutu atau tidak pada rumah sakit tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III RSUD Barru. Penelitian ini menggunakan rancangan observasi analitk, dengan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 61 orang yang didapat dengan metode propability sampling dengan teknik claster sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan wawancara, kemudian data diolah menggunakan komputer program SPSS versi 16,0 uji che-square dengan hasil nilai ρ = 0,003 lebih kecil dari α = 0,05. Disimpulkan bahwa ada hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III RSUD Barru.