HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEIN RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD. BARRU

Penulis

  • Yasir Haskas STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Kata Kunci:

Caring, kepuasan pasien, perawat

Abstrak

Mutu pelayanan keperawatan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan, bahkan menjadi salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan (rumah sakit) di mata masyarakat. Salah satu indikator mutu layanan keperawatan adalah kepuasan pasien. Perilaku Caring perawat menjadi jaminan apakah layanan perawat bermutu atau tidak pada rumah sakit tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III RSUD Barru. Penelitian ini menggunakan rancangan observasi analitk, dengan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 61 orang yang didapat dengan metode propability sampling dengan teknik claster sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan wawancara, kemudian data diolah menggunakan komputer program SPSS versi 16,0 uji che-square dengan hasil nilai ρ = 0,003 lebih kecil dari α = 0,05. Disimpulkan bahwa ada hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III RSUD Barru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-29

Cara Mengutip

Haskas, Y. (2020). HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEIN RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD. BARRU. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(3), 296-299. Diambil dari https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/367

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama