Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Ruang Rawat Inap Rsup Dr. Tadjuddi Chalid

Penulis

  • Christina Djontar STIKES NANI
  • Yasir Haskas
  • Liza Fauzia

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v4i2.1446

Kata Kunci:

Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstrak

Mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian antara pelayanan kesehatan yang diberikan sesuai standar pelayanan dengan kebutuhan yang diinginkan pasien (Mangendai et al., 2017). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi Mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS di ruang rawat inap RSUP dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode observasional analitik dengan penedekatan cross sectional, sampel dalam peneltian sebanyak 83 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis uji Chi-Square hubungan bukti fisik dengan kepuasan pasien hasil 0,002 < 0,05, hubungan kehandalan dengan kepuasan pasien hasil 0,002 < 0,05, hubungan daya tanggap denga kepuasan pasien hasil 0,002 < 0,05, hubungan jaminan dengan kepuasan pasien hasil 0,003 < 0,05, hubungan empati dengan kepuasan pasien hasil 0,003 < 0,05 atau ada hubungan antara mutun pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS di ruang rawat ianp RSUP dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat hubungan antara bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati dengan kepuasan pasien BPJS di ruang rawat inap RSUP dr. Tadjudun Chalid Makassar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-29

Cara Mengutip

Djontar, C., Haskas, Y., & Fauzia, L. (2024). Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Ruang Rawat Inap Rsup Dr. Tadjuddi Chalid. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 4(2), 189-196. https://doi.org/10.35892/jimpk.v4i2.1446

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>