ANALISIS MEKANISME KOPING ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB/C)
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i1.499Keywords:
Mekanisme Koping, Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan KhususAbstract
Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan baik fisik, mental, intelektual, sosial maupun emosional yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam mekanisme koping orang tua dengan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB/C) Rajawali Yayasan Yoseph Makassar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan enam informan sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam (In-depth Interview). Hasil penelitian diperoleh 7 tema utama yaitu, Confrontative Coping (usaha langsung), Seeking Social Support (Mencari Dukungan Sosial), Planful Problem Solving (Perencanaan Pemecahan Masalah), Self Control (Pengontrolan Terhadap Diri Sendiri), Positive Reapparsial (Penilaian Positif), Accepting Responsibility (Penerimaan dan Tanggung Jawab) dan Escape/Avoidance (Pengalihan Permasalahan). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah enam informan yang memiliki anak berkebutuhan khusus cenderung menggunakan mekanisme koping yang bersifat adaptif yang tertuang dalam strategi koping yang berpusat pada masalah (Problem Focused Coping) dan yang berpusat pada emosi (Emotion Focused Coping).