Nurdiana HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI PUSKESMAS TAMALANREA JAYA KOTA MAKASSAR

Authors

  • Nurdiana Stikes Nani Hasanuddin Makassar
  • Muzakkir
  • Adisty Permatasari

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i6.709

Keywords:

Pegetahuan, Sikap, Kelengkapan Imunisasi Dasar

Abstract

NURDIANA, Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Bayi Di Puskesmas Tamalanrea Jaya Kota Makassar (Dibimbing Oleh : Muzakkir & Adisty permatasari)

Imunisasi merupakan upaya pencegahan penyakit untuk menurunkan angka kesakitan, kecatatan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan kelengkapan imunisasi dasar pada bayi di puskesmas tamalanrea jaya kota makassar. Metode Penelitian ini menggunakan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan 40 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji chi square (p<0,05), serta analisis univariat dan bivariat untuk melihat hubungan tiap-tiap variabel bebas dan variabel terikat.

Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan pengetahuan dengan kelengkapan imunisasi dasar (p=0,006), adanya hubungan sikap dengan kelengkapan imunisasi dasar (p=0,002). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Bayi Di Puskesmas Tamalanrea Jaya Kota Makassar.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Nurdiana, Muzakkir, & Adisty Permatasari. (2022). Nurdiana HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI PUSKESMAS TAMALANREA JAYA KOTA MAKASSAR. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(6), 862-869. https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i6.709

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>