HUBUNGAN KEPUASAN PERAN PERAWAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN DI RSUD. LABUANG BAJI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i1.500Keywords:
peran perawat, kepuasan, kualitas pelayananAbstract
Kepuasan peran perawat adalah suatu perasaan positif tentang perannya sebagai perawat yang memberikan asuhan keperawatan yang merupakan hasil dari sebuah evaluasi karakteristiknya. Individu dengan tingkat kepuasan yang tinggi memiliki perasaan-perasaan positif tentang perannya tersebut, sementara perawat yang tidak puas memiliki perasaan-perasaan negative tentang perannya tersebut. Peran perawat sangat mempengaruhi kualitas hidup pasien dan keluarga, sehingga dapat berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan: Mengetahui hubungan kepuasan peran perawat terhadap kualitas pelayananan di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar. Metode: Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan menggunakan pendekatan secara cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling. Pendekatan teknik jumlah sampel penelitian 76 responden. Instrument penelitian berupa lembar kuesioner dan observasi. Analisa statistic menggunakan Chi-square dengan taraf signifikasi (α=0,05). Hasil: Analisa univariat, menunjukkan kepuasan peran perawat kategori puas sebanyak 43 responden (56,6%) dan kategori tidak puas sebanyak 33 responden (43,4%). Pengukuran kualitas pelayanan keperawatan menunjukkan baik sebanyak 63 orang (82,9%), sedangkan kualitas pelayanan keperawatan kurang sebanyak 13 orang (17,1%). Analisa bivariat menunjukkan ada hubungan antara kepuasan peran perawat dengan kualitas pelayanan kesehatan, dibuktikan dari hasil uji chi-square menunjukkan nilai p=0,007 dan signifikan 0,05. Kesimpulan: terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan peran perawat dengan kualitas pelayanan kesehatan.