Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kepuasan Pasien Di RSUD Labuang Baji Makassar

Authors

  • Jusliawati STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Yasir Haskas STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Liza Fauzia

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i4.931

Keywords:

komunikasi terapeutik, kepuasan pasien

Abstract

Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi interpersonal yang dilakukan antara perawat dan petugas kesehatan lainnya dengan pasien yang berfokus pada kesembuhan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di RSUD Labuang Baji Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dimana cara pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan tingkat signifikan (a = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dengan hasil uji chi-square diperoleh nilai p = 0,001 < a = 0,05 dengan komunikasi perawat baik, tingkat kepuasan mencapai 83,9% yang merasa puas dibandingkan yang kurang puas 64,7%, sedangkan yang mengatakan komunikasi perawat kurang baik dengan tingkat kepuasan kurang yakni16,1% dibandingkan yang mengatakan puas hanya 35,3%. diperoleh p= 0,001 <  a = 0,05, artinya H0     ditolak dan Ha diterima.

 

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Jusliawati, Haskas, Y., & Fauzia, L. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kepuasan Pasien Di RSUD Labuang Baji Makassar. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(4), 62-67. https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i4.931

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4