hubungan penggunaan gadget dengan minat belajar anak di masa pandemi covid-19 di kel. benteng selatan kab. kepulauan selayar
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i6.716Abstract
Virus COVID-19 pada tahun 2020 memberikan dampak yang luar biasa hampir pada semua bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Adanya virus COVID-19 ini membuat proses pembelajaran menjadi berubah dari yang tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh, tetapi dalam keadaan seperti ini guru masih tetap harus melaksanakan kewajibannya sebagai pengajar, dimana guru harus memastikan siswa dapat memperoleh informasi/ilmu pengetahuan untuk diberikan kepada siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan minat belajar anak di masa pandemi COVID-19 di Kelurahan Benteng Selatan Kabupaten Kepulauan Selayar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 74 remaja. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisa menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden sering menggunakan gadget berjumlah 48 responden, dimana terdapat 64,6% yang minat belajarnya rendah di masa pandemi COVID-19 dan 35,4% yang minat belajarnya tinggi di masa pandemi COVID-19, sedangkan responden yang tidak sering menggunakan gadget berjumlah 26 responden, dimana terdapat 30,8% yang minat belajarnya rendah di masa pandemi COVID-19 dan 69,2% yang minat belajarnya tinggi di masa pandemi COVID-19. Hasil uji statistik dengan Chi-square diperoleh nilai ρ=0,005. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan penggunaan gadget dengan minat belajar anak di masa pandemi COVID-19 di Kelurahan Benteng Selatan Kabupaten Kepulauan Selayar.